menu melayang

TESTIMONI

Testimoni



ALAMAT

Kontak



Alamat Kantor Kami


  • Ds Bodas Pakembaran RT 02/03, Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah. Indonesia
  • Jam Kerja: 08.00 - 17.00 WIB
  • Kontak : 081914958020

Kamis, 23 Juni 2016

Cara Menjurnal Pembelian Aset Kendaraan di Accurate

Selamat pagi gan sis, buat kalian yang mau langsung ke Topik Judul silahkan langsung scrool ke bawah, tapi kalau mau meluangkan waktu buat mendengarkan dulu cerita tentang saya bisa baca dari awal hehehe

Ini adalah artikel pertama saya yang berhubungan dengan Akuntansi, sebenernya gua dulu gak bisa apa apa soal Akuntasi, dan Akuntansi adalah Pelajaran yang gua benci dari SMA Sampai kuliah.
Selain mata pelajaranya yang bikin pusying juga dosenya yang killer, gak tau deh yang gua rasain waktu itu kayaknya dosen dosen atau guru yang megang mata kuliah Akuntansi itu galak galak, dan semuanya cewe, dan tidak pernah denger kayaknya ada Dosen Akuntansi Laki Laki

And Any Way meskipun dulu gua benci banget sama Akuntansi dan sampai lulus kuliah jelas gua gak bisa apa apa soal akuntansi, bahkan akuntansi yang katanya paling mudahpun saya kagak bisa, seperti jurnal umum misalnya.

Tapi tidak tahu kenapa gaes, setiap hal yang gua gak suka pasti selalu menghampiri, contohnya dulu gua pengenya kuliah di jurusan pendidikan, eh nyantolnya di jurusan Ekonomi, yang tau sendirilah kalau di ekonomi itu seperti apa, tapi untungnya waktu itu ekonomi gua, ekonomi syariah.
Dan sekarang setelah gua lulus kuliah gua pengenya kerja di Bank Syari’ah dong tentunya biar sesua sama Jurusan Gua, tapi Eh.. malah masuknya di Jasa Importir dan Pariwisata, di Bagian keuangan lagi, di Posisi Accounting pula, yang sama sekali gua gak bisa. Dan bisa masuk kerja disini juga karena temen gua yang masukin dan ngeyakinin kalau gua bisa. . . and yasudahlah daripada nganguuuurr...

Awal masuk kerja si biasa biasa saja, paling masih di suruh nginput data invoice yang menjadi piutang perusahaan, dan selama satu tahun kerja disitu masih enteng enteng saja kerjaan, karena gua masih di bimbing sama atasan gua di keuangan.
Tapi setelah satu tahun kepala keungan gua memutuskan untuk Risend, gua gak bisa apa apalagi dan seperti anak ayam yang kehilangan induknya.
Selain itu di tambah dengan kejadian yang menimpa kantor kami, yang mengakibatkan semua data laporan keungan hilang menjelang pelaporan SPT Tahunan.
Mau tidak mau kami harus menginput ulang data data tersebut, tanpa kepala keungan yang membimbing gua.
Dan secara otodidak akhirnya gua mulai belajar cara membuat laporan keuangan dengan bantuan Sofware Accurate, dengan di bantu oleh Custommer Service yang gua kontak via Email Alhamdulilah gua dapet beberapa ilmu cara cara penjurnaan di Accurate.
Dan yang akan saya bahas disini adalah Cara menjurnal pemblian aset kendaraan secara kredit.

Contoh Kasus :
Perusahaan PT. XYZ pada Tanggal 1 Januari 2016 Membeli Sebuah Mobil dengan harga 450.020.000, dengan Uang Muka yang dikeluarkan dari Bank senilai 213.715.000. Sisa yang harus di bayar 236. 305.000 ? Bagaimana cara menjurnalnya di Accurate?

Jawab :
Cara menjurnalnya di Accurate adalah, pastikan agan sudah mempunyai akun dengan nama Fixed Aseet Transaction Pada Posisi Aktiva Lancar lainya
Dan untuk menjurnalnya agan bisa masuk ke Transaksi – Buku Besar – Jurnal Umum Menjadi 
Fixed Asset Transaction (D) 450. 020.00
Bank (K) 213.715.000
Hutang Leasing (K) 236.305.000



Pengakuan Aset
Setelah berhasil di Jurnal melalui jurnal umum, sekarang agan pindah ke menu Asset Tetap, klik Aset baru, dan isikan data data aset yang agan beli, dan pada kolom pembayaran, Pilih Fixed Asset Transaction


Jurnal pada saat cicilan
Dan untuk menjurnal cicilan tiap bulanya seperti ini :
Hutang Lesaing (D) 
Bank / Kas (K)

Pada pembelian kendaraan secara leasing, biasanya terdapat list cicilan yang terdapat bunga dan pokok, lihat gambar di bawah : 

Itulah dia cara menjurnal pembelian asset pada accurate, semoga bermanfaat, jangan  lupa like comment and share yah... :)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel